Cara Mengatasi Mabuk Laut

Pulau Pari

Pulau Pari

Ini adalah cerita tamasya saat beberapa waktu lalu saya pergi ke salah satu pulau yang ada di Kepulauan Seribu tepatnya saya pergi ke Pulau Tidung bersama keluarga. Ini adalah pengalaman pertamaku naik kapal laut yang kata orang bisa membuat kita menjadi pusing, mual dan muntah yang di sebut dengan mabuk laut!.

Awal perjalanan kapal laut yang saya tumpangi berjalan dengan normal sampai di pertengahan jalan salah seorang petugas travel mengatakan akan ada ombak besar di setelah kita melewati dua pulau di depan yakni Pulau Untung Jawa dan Pulau Rambut. Gelombang laut di perkirakan akan mencapai ketinggian 2 meter lebih di hitung dari batas bawah kapal. Petugas travel mengatakan kita harus waspada, minum obat penangkal mabuk kalau kebetulan bawa atau siap-siap kantung plastik untuk antisipasi kalau mual dan muntah.

Dan apa yang di katakan petugas travel itu benar adanya, kapal yang saya tumpangi naik turun seperti membanting setiap penumpang kapal yang ada di dalamnya hasilnya lebih dari 30% penumpang kapal mabuk dan muntah malah ada yang sampai pingsan. Menyeramkan sekali ujar ku dalam hati dan membayangkan hal-hal yang tidak mengenakan seperti takut kapal pecah dan tenggelam.

Tahukah Anda Cara Agar Tidak Mabuk Laut

Ternyata ada cara ampuh untuk mengatasi mabuk laut itu yang tidak pernah saya ketahui sebelumnya. Cara mengatasi mabuk laut selain meminum obat anti mabuk cukup efektif tapi belum saya coba dan berikut beberapa tips agar tidak mabuk laut itu.

  1. Minum obat anti mabuk
  2. Jangan makan bumbu beraroma tajam sebelumnya
  3. Jangan minum soda karena soda bisa membuat perut kembung dan mual
  4. Jangan makan/minum yang bisa menyebabkan muntah seperti sarapan bubur di tambah dengan minum kopi
  5. Kalau sudah pusing jangan perhatikan benda yang bergerak karena bisa membuat anda semakin pusing termasuk melihat cahaya pastikan mata memandang dan fokus disalah satu object yang tidak bergerak seperti gambar, lantai dsb
  6. Jangan menunduk
  7. Tegakkan badan
  8. Atur pernafasan
  9. Jangan melihat orang yang kebetulan muntah juga
  10. Oleskan minyak angin terapi

Demikian beberapa cara ampuh untuk tidak mengalami mabuk sampai muntah di atas kapal. Jika anda mengikuti saran saya mudah-mudahan akan semakin nyaman bepergian bertamasya ke tempat wisata dengan tema rekreasi pantai yang harus menggunakan sarana transportasi kapal laut seperti tempat wisata yang ada di Pulau Seribu seperti wisata Pulau Bira, Pulau Tidung, Pulau Pari, Pulau Payung, Pulau Pramuka dan pulau lainnya tidak harus ke Pulau Seribu saja.

Source: Pulau Tidung